Tentang EMAS

Beli EMAS Di Indonesia Saja

Suatu hari saya di ajak menjemput tante yang baru saja pulang menunaikan ibadah haji. Baru saja bertemu, di mobil dalam perjalanan pulang, tante saya cerita bahwa selama di tanah suci selain ibadah dia juga beli Emas dalam bentuk perhiasan. Sambil menunjukan pada saya, ia mengatakan bahwa kualitas Emas Arab adalah yang terbaik.

Berbelanja atau membeli Emas dalam bentuk perhiasan di timur tengah terutama di Arab Saudi dan Dubai (UAE) menjadi tren para jamaah baik Haji maupun Umroh. Disela-sela beribadah mereka memanfaatkan waktu untuk membeli Emas khususnya dalam bentuk perhiasan. Bahkan beberapa travel Umroh menyertakan Dubai sebagai salah satu destinasi yang disinggahi, salah satunya agar para peserta berkesempatan untuk berbelanja Emas.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa berbelanja perhiasan Emas di sana sangat menarik, selain kualitasnya memang bagus, pilihannyapun sangat beragam. Saya sendiri pernah mengunjungi pasar Emas yang terkenal di Dubai yakni, Gold Souk. Buset! Banyak orang Indonesia, bahkan pelayan-pelayan yang ada di toko banyak yang bisa berbahasa Indonesia. Menandakan daerah ini memang sering dikunjungi para pembeli atau turis dari Indonesia.

Mau Beli EMAS? Di Indonesia Saja

Banyak orang tidak tahu, dan cenderung lebih bangga beli Emas di luar negeri, seperti cerita tante saya di atas. Padahal kalau mereka itu tahu darimana asalnya Emas yang mereka beli tersebut, mungkin mereka akan menyesal sudah membeli Emas di luar negeri.

Saat Di Gold Souk – Dubai Bersama Teman-Teman Komunitas

Tahukah Anda bahwa salah satu Emas yang terbaik di dunia itu adanya di Indonesia? Negara-negara di Timur Tengah seperti Uni Emirat, Qatar, Arab Saudi, bisa dikatakan tidak punya tambang Emas. Apalagi memproduksi perhiasan dalam skala industri. Semua Emas perhiasan yang di jual di Arab Saudi dan Uni Emirat (Dubai) berasal dari negara-negara penghasil Emas termasuk Indonesia!

Menurut data yang saya peroleh, 60% perhiasan yang ada di Gold Souk dubai, itu berasal dari Indonesia, lebih spesifik lagi dari sebuah daerah bernama Dayeuhkolot di Selatan kota Bandung!

Saya sebagai orang yang lahir dan besar di kota Bandung saja sempat kaget, karena tidak menyangka kalau di kota kelahiran saya ada pabrik perhiasan Emas yang semua produknya di ekspor ke negara-negara Timur Tengah.

Bahan baku Emas nya berasal dari berbagai daerah penghasil Emas berkualitas sangat bagus seperti Sulawesi, Sumatra dan Papua.

Saking penasarannya saya pernah mengunjungi pabrik tersebut (tentunya dengan ijin khusus – kebetulan seorang sahabat lama saya bekerja disana). Saya takjub melihat skala produksi yang ada disana, ternyata pabrik ini salah satu supplier terbesar Emas perhiasan yang ada Dubai dan Arab Saudi. Sayang saya tidak bisa menyebutkan nama pabriknya (demi keamanan).

Baca juga:
Lima Prinsip Dalam Ber-Investasi EMAS

Aneh kan, orang-orang kita dengan bangga belanja Emas perhiasan di Arab atau Dubai, padahal perhiasan itu dibuat dan di produksi di negaranya sendiri! Sudahlah, mulai sekarang kalau beribadah haji atau umroh, fokus saja untuk ibadah. Jangan borong Emas disana apalagi setelah itu bangga dan dipamerkan di Indonesia, itu Emas dari Indonesia bukan Arab. Beli Emas di Indonesia saja….

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

Leave a Reply