Investasi EMAS

Cicilan EMAS Atau Beli Tunai, Mana Yang Lebih Baik

Sekarang ini ada banyak sekali penawaran untuk Cicilan EMAS, baik itu dari lembaga seperti Pegadaian, Bank Syariah, Toko EMAS, Koperasi, maupun lembaga Fintech lainnya. Semua menawarkan program yang menarik.

Saya pribadi diberbagai kesempatan Seminar sering mengatakan, kalau cara berinvestasi EMAS yang paling baik adalah “gradual buying“. Artinya membeli EMAS secara berkala atau rutin. Jadikan EMAS sebagai sarana untuk menabung. Alihkan tabungan jangka menengah/panjang untuk pendidikan anak, beli rumah, maupun pensiun ke dalam bentuk EMAS. Sesuaikan dengan kemampuan Anda, tidak perlu emosional.

Dengan menyisihkan sebagian penghasilan Anda secara rutin, misalnya setiap bulan untuk membeli EMAS. Anda sudah membebaskan diri dari kekhawatiran akan fluktuasi harga EMAS yang memang sering turun/naik, namun secara jangka panjang kurva-nya naik. Jika Anda sudah terbiasa, ketika membeli sudah tidak peduli lagi berapa harga EMAS saat itu. Dan Anda memiliki EMAS dengan bermacam-macam variasi harga.

Sebetulnya sama saja ketika Anda menabung di bank, karena sudah terbiasa Anda tidak peduli lagi berapa kurs rupiah terhadap dollar saat Anda menabung.

Saat Yang Paling Tepat Untuk Membeli EMAS Adalah Saat Kita Punya Uang…

Itu sebabnya saya sering bilang: Saat yang paling tepat untuk membeli EMAS adalah saat kita punya uang. Jadi, beli EMAS tidak perlu mikirin harga sedang naik atau turun, beli saja. Asal rutin Anda tidak perlu khawatir dengan fluktuasinya. Yang sering deg..deg..an itu, beli cuma sekali, setelah itu berharap harga naik terus untung—ini yang salah. Web harga EMAS dipelotonin tiap hari… Buat apa seperti itu…

Ada dari nasehat almarhum Ibu yang selalu saya ingat: “Rull, kalau dapat uang itu potong dulu untuk nabung, baru sisanya dipakai belanja. Jangan dibalik, karena kalau dibalik tidak akan pernah kamu menabung”.

Menabung dalam pengertian ibu saya adalah beli EMAS, karena memang hobi beliau itu kalau punya uang belinya EMAS.

Baca juga:
Menabung EMAS Tidak Harus Banyak Uang

Dengan Cicilan EMAS Anda Mengunci Harga EMAS

Balik lagi ke masalah cicilan EMAS. Seorang peserta pernah bertanya: Pak, saya mampunya menyisihkan uang untuk membeli EMAS setiap bulan 1 gram saja. Sementara pak Rully tidak menyarankan untuk membeli EMAS di bawah 10 gram. Jadi bagaimana?

Betul, saya memang tidak menyarankan Anda untuk membeli EMAS di bawah 10 gram. Kenapa? Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini: 3 Jenis EMAS Yang Beredar Di Pasaran

Semakin satuannya kecil, harga EMAS batangan per-gram nya makin mahal. Hal ini dikarenakan adanya unsur biaya cetak EMAS, lihat tabel berikut:

GRAMHARGAHARGA
PER-GRAM
0.5 gram547,5001,151,000
1 gram1,035,0001,035,000
5 gram4,955,000991,000
10 gram9,845,000984,500
25 gram24,487,000979480
100 gram97,712,000977,120
Harga EMAS batangan 24 K produksi PT Aneka Tambang yang saya ambil dari situs resminya www.LogamMulia.com pada tanggal 16/08/2020

Daripada Anda membeli 1 gram setiap bulan, dimana ongkos cetaknya cukup tinggi. Lebih baik Anda mengambil cicilan EMAS 10 gram selama 10 bulan atau 1 tahun. Ada banyak lembaga keuangan baik Bank maupun Non-Bank yang menyediakan layanan cicilan EMAS, tinggal Anda bandingkan saja mana yang lebih baik menurut Anda.

Cicilan EMAS juga membuat Anda seperti mengunci harga EMAS. Artinya, berapapun kenaikan harga EMAS selama Anda mencicil, tidak akan mempengaruhi besaran cicilan Anda. Misalnya harga EMAS saat Anda melakukan Akad Kredit adalah Rp 10 jt untuk yang 10 gram, jika 3 bulan kemudian harga EMAS tersebut naik menjadi Rp 11 jt. Cicilan Anda tetap, tidak terpengaruh lagi oleh harga. Karena sesungguhnya Anda sudah beli EMAS tersebut di saat Akad, hanya EMAS anda di simpan sebagai jaminan kredit.

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

Leave a Reply