Inspirasi

Dana Pensiun Dalam Bentuk EMAS, Siapapun Bisa Punya

Tulisan saya dalam artikel “Mengelola Dana Pensiun Dengan EMAS Setelah Purna Bakti” banyak sekali mendapatkan tanggapan. Banyak diantaranya yang membandingkan dengan penghasilan atau dana pensiun yang jauh lebih kecil saat nanti ia terima.

Saya teringat sebuah tulisan pada buku karya Jack Canfield berjudul “The Success Principles” yang mengatakan: “Kebanyakan orang sukes yang saya kenal tidak suka membuat perencanaan yang berlebihan dan membicarakannya. Mereka tak sabar untuk bertindak. Mereka ingin memulai. Mereka ingin permainan dimulai. Sebuah contoh yang bagus adalah putra teman saya, Bob Kriegel, Otis. Ketika Otis pulang saat liburan musim panas bersama pacar barunya setelah menyelesaikan tahun pertama kuliah, mereka mulai mencari pekerjaan. Sementara Otis langsung mengangkat telepon dan mulai mencari informasi tentang siapa yang membutuhkan tenaga, pacarnya menghabiskan waktu seminggu pertama untuk merancang CV-nya. Di hari ke dua Otis sudah mendapatkan pekerjaan, sementara pacarnya masih sibuk merancang CV. Otis langsung bertindak, baginya CV bisa dibuat ketika ada yang meminta.”

Advertisements
Advertisements
AliExpress WW

Orang sukses lebih banyak bertindak daripada merencanakan. Jadi, daripada Anda mengeluh dana pensiun Anda jauh lebih kecil daripada orang lain, lebih baik mulailah bertindak dengan menyisihkan minimal 20% dari penghasilan Anda untuk membeli EMAS.

Mana yang Anda pilih, mendapatkan dana pensiun Rp 100 juta 15-20 tahun yang akan datang. Atau EMAS seberat 100 gram (uang Rp 100 juta saat ini senilai 100 gram EMAS), 15-20 tahun yang akan datang? Saya memilih EMAS 24 gram.

Pak, saya hanya mampu menyisihkan Rp 500 ribu atau bahkan hanya Rp 100 ribu setiap bulan. Tidak masalah, karena uang senilai Rp 100 ribu pun saat ini bisa Anda belikan EMAS. Baca penjelasan saya tentang tabungan EMAS di artikel ini: Tabungan EMAS Atau Pool Account, Kenapa Lebih Baik?

Menabung atau berinvestasi bukan seberapa besar Anda bisa melakukannya, tapi seberapa konsisten Anda bisa disiplin melakukannya. Karena dengan berjalannya waktu, suatu hari nanti Anda akan kaget sendiri dengan hasil yang Anda peroleh.

Banyak orang menunggu untuk mulai menabung sampai mereka mempunyai uang lebih yang menganggur–uang yang berlebih. Tapi bukan seperti itu caranya. Anda harus mulai menabung dan berinvestasi untuk masa depan Anda sekarang juga!

Almarhum Ibu pernah mengatakan: “Kalau kamu punya uang, potong dulu buat nabung (beli EMAS), baru sisanya pakai buat belanja. Cukup tidak cukup harus cukup dan pasti cukup. Kalau di balik, kamu pasti tidak akan pernah menabung”

Jangan pedulikan fluktuasi harga EMAS dalam jangka waktu pendek. Mau posisi harga EMAS naik atau turun, jangan peduli. Jika saatnya Anda punya uang dan akan beli EMAS, ya, belikan saja. Karena tujuan Anda membeli EMAS untuk investasi 10-20 tahun kedepan, bukan untuk trading. Sama halnya ketika Anda menabung dalam bentung uang, Anda juga tidak berfikir hari ini kurs dollar naik atau turun.

Yang pusing itu kalau tujuan membeli EMAS untuk keuntungan sesaat. Habis beli, harga EMAS dipelototin tiap hari, jantung deg..deg..an setiap lihat pergerakan harga EMAS. Saya tidak mau seperti ini.

Jika Anda sudah terbiasa membeli EMAS secara rutin, Anda sudah tidak peduli lagi berapa harga EMAS saat Anda akan beli. Dan ketika ini Anda lakukan terus menerus, maka sebetulnya Anda terlepas dari jebakan fluktuasi harga EMAS. Karena Anda punya EMAS di berbagai harga, dan seperti yang kita ketahui, secara jangka panjang kurva harga EMAS naik. Coba perhatikan data harga EMAS ini: Harga EMAS Per-Tahun Sejak Tahun 1988

Tidak pernah terjadi, harga EMAS kembali ke harga 5-10 tahun yang lalu.

Jadi, siapapun bisa memiliki Dana Pensiun yang cukup dikemudian hari. Saya katakan “cukup”, bukan nilai, karena relatif berbeda pada setiap orang.

Tidak semua orang bisa berkesempatan dapat bekerja di perusahaan yang memberikan dana pensiun besar, tapi setiap orang bisa mempersiapkan dana pensiunnya sendiri. Banyak teman, kerabat dan peserta seminar dari berbagai kalangan (mulai dari guru, pegawai kecil, pengusaha, asn, dsb) yang menghubungi saya dan telah melakukan apa yang saya sampaikan di atas sejak 5 – 10 tahun yang lalu. Dan sekarang mereka benar-benar merasakan manfaatnya, mereka meng-create dana pensiunnya sendiri.

Advertisements
Advertisements

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

Leave a Reply