Bisnis

Gadai EMAS Untuk Hedging Bisnis

EMAS tidak hanya untuk Investasi, tapi melalui Gadai EMAS, Anda bisa melakukan hedging atau lindung nilai dari bisnis Anda. Ini sering saya lakukan, dan masih saya lakukan hingga saat ini.

Jika Anda memiliki sebuah Mini Market dengan modal awal katakanlah Rp 1 milyar, lalu kemudian dari hasil usaha Mini Market tersebut setiap bulan Anda sisihkan dalam bentuk tabungan senilai Rp 20 juta. Maka dalam waktu 5 tahun, saldo tabungan Anda akan berjumlah Rp 1 milyar, sama dengan nilai modal awal Anda membuka Mini Market tersebut 5 tahun sebelumnya.

Advertisements
Advertisements

Siapapun akan mengatakan Anda sudah balik modal, betulkan? Tapi, bagi saya sebetulanya Anda belum balik modal, kenapa? Karena saya yakin uang Rp 1 milyar lima tahun kemudian tidak akan mampu membeli Mini Market yang sama, secara value nilainya sama-sama Rp 1 milyar, tapi real nya tidak bisa membeli barang yang sama. Ini fakta…

Seorang sahabat saya, tahun 2007 memiliki uang Rp 400 juta, berkonsultasi pada saya karena ia bermaksud akan membeli waralaba Mini Market di ruko yang ia miliki. Saya menyarankan untuk tidak langsung menjadikan uang tersebut Mini Market, namun uang itu dibelikan EMAS terlebih dahulu. Saat itu harga EMAS dikisaran Rp 200 rb per gram. Jadi kalau dibelikan EMAS, ia bisa memperoleh sekitar 2 kg EMAS batangan 24K.

Kemudian, EMAS yang ia beli tersebut di Gadaikan ke Pegadaian, dan mendapat kan dana sekitar Rp 375 juta kurang sedikit. Baru kemudian uang tersebut untuk membayar Franchise sebuah Mini Market ternama, sebagian kecil sisanya untuk cadangan bayar bunga Gadai selama Mini Market tersebut belum beroperasional penuh.

Jangka waktu pinjaman Gadai memang cuma 4 bulan, namun kita bisa perpanjang terus, lihat artikel: Konsep Gadai Berbeda Dengan Pinjaman Atau Kredit Ke Bank

Sahabat saya ini setiap bulan menyisihkan dana dari hasil usaha Mini Market nya sebesar Rp 10 juta. Dan ketika Gadainya jatuh tempo (4 bulan), ia memiliki dana Rp 40 juta untuk membayar bunga gadai sekitar Rp 24 juta (Rp 6 jt x 4 bulan) dan sisanya Rp 16 juta untuk mengurangi pokok hutang Gadai. Lalu gadainya di perpanjang lagi 4 bulan.

Empat bulan berikutnya ia melakukan hal yang sama membayar Rp 40 juta, bayar bunga (semakin mengecil karena pokok di kurangi) dan pokok (semakin besar bayar pokok karena bunga berkurang), lalu gadai-nya ia perpanjang lagi. Terus ia lakukan seperti itu…

Dalam waktu 2 tahun hutang gadainya sudah berkurang banyak, bahkan saat jatuh sering ia bisa membayar untuk bunga dan pokok lebih dari Rp 40 juta, Mini Marketnya memang selalu ramai karena lokasi yang strategis.

Dan dalam 2 tahun tersebut, EMAS yang ia gadaikan sudah hampir 1 kg kembali ke tangan dia. Inilah kelebihannya konsep Gadai EMAS. Sahabat saya ini ketika membeli EMAS 1.7 kg terdiri dari satuan EMAS 25 gram, 50 gram dan 100 gram, bukan 1 kg. Jadi ketika pokok utang nya berkurang dan berkurangnya sudah melebihin satuan EMAS yang ada, maka sahabat saya ini bisa mengambil sebagian EMAS yang di gadainya.

5 tahun kemudian, semua EMAS yang ia gadaikan telah kembali kepangkuannya. Tahukah Anda berapa nilai EMAS nya 5 tahun kemudian? Harga EMAS tahun 2012 di kisaran Rp 400-500 rb per gram (lihat artikel: Harga EMAS Per-Tahun Sejak Tahun 1988), artinya sahabat saya ini punya EMAS dengan nilai Rp 600 – 750 juta rupiah.

Advertisements
Advertisements
AliExpress WW

Dan tahukah Anda berapa nilai Franchise Mini Market yang sama tahun 2012? Itu sekitar Rp 500-600 juta rupiah. Artinya, EMAS teman saya ini 5 tahun kemudian ternyata masih bisa membeli bisnis yang sama. Inilah balik modal yang sebenarnya….

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

Leave a Reply