Investasi EMAS

Menabung EMAS Tidak Harus Banyak Uang

Anda tidak perlu menjadi kaya atau banyak uang terlebih dahulu untuk bisa menabung Emas. Karena sekarang Anda bisa membeli Emas dengan uang berapapun yang Anda miliki, bahkan hanya dengan uang Rp 500 rupiah saja Anda sudah bisa membeli dan menabung Emas.

Ada komentar pada salah satu postingan di lini masa Facebook Kebun Emas, komentar itu mengatakan bahwa lebih baik membeli tanah/kavling daripada membeli Emas.

Advertisements
Advertisements
AliExpress WW

Saya tidak hendak memperdebatkan mana yang lebih baik Emas atau properti (tanah, rumah, kavling, dsb). Karena bagi saya keduanya bukan untuk diperdebatkan, tapi untuk disandingkan, dimiliki. Ber-investasi properti sangat bagus, tapi Anda tidak bisa membeli properti dengan uang hanya Rp 1.000 rupiah saja. Jadi alangkah baiknya jika Anda menabung untuk tujuan membeli properti menggunakan Emas, karena kalau menggunakan uang, nilai tabungan Anda dalam bentuk uang tidak akan bisa mengejar kenaikan properti yang ingin Anda beli.

Bahkan Emas bisa dipakai untuk mengukur nilai properti, lihat artikel saya ini: Emas Sebagai Alat Ukur Properti

Properti dan Emas sudah menjadi sarana investasi orang tua kita sejak zaman dulu. Lakinya doyan beli tanah, bininya doyan beli Emas

Rully Kustandar

Pendapat yang mengatakan bahwa menabung dalam bentuk emas harus memiliki uang banyak, mapan, berpenghasilan besar dsb. Ini sangat menyesatkan!

Bukannya Emas batangan 24K paling kecil yang tersedia adalah 0.5 gram? Jadi kalau mau membeli Emas kita harus punya uang minimal senilai 0.5 gram atau Rp 400-500 ribu rupiah (harga Emas 2020) . Benar, namun itu cara konvensional. Saat ini ada banyak cara untuk membeli Emas dengan dana minimum seperti melalui Beli Gadai, Cicilan Emas, Arisan Emas dan Tabungan Emas atau Pool Account. Bahkan dengan program Tabungan Emas atau Pool Account, Anda bisa membeli Emas dengan uang hanya Rp 500 rupiah saja.

Mengenai Tabungan Emas atau Pool Account ini sudah saya bahas di artikel ini: Tabungan EMAS Atau Pool Account, Kenapa Lebih Baik?

Menabung dalam bentuk Emas justru dapat membantu mereka yang berpenghasilan minim atau biasa-biasa saja menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Ada banyak peserta seminar yang 3-4 tahun kemudian kontak saya untuk berterima kasih karena sudah merasakan manfaat menabung Emas.

Karena itu janganlah tunda, mulailah menabung Emas, gunakan produk-produk keuangan berbasis Emas seperti yang telah saya sebutkan di atas untuk membeli Emas.

Ada dua hal besar yang membedakan antara menabung uang dan menabung Emas:

Pertama, jika Anda menabung uang walaupun mendapatkan bunga, sesungguhnya nilai uang Anda susut seiring berjalannya waktu. Bunga tabungan sebesar 3% – 4% tidak akan mampu mengalahkan tingkat inflasi real yang mencapai 7% – 10% per tahun. Jadi, bukannya uang Anda bertambah nilainya, yang terjadi malah nilai uang Anda susut. Belum biaya-biaya yang muncul seperti biaya administrasi dan pajak.

Kedua, berbagai kemudahan untuk bertransaksi diberikan bank kepada nasabahnya seperti e-Banking, ATM dan sebagainya. Ini justru bisa membuka peluang atau godaan besar bagi Anda untuk menghabiskan uang Anda membeli barang-barang konsumtif.

Putri saya yang kedua, sejak 3 tahun lalu rajin membeli Emas lewat program Tabungan Emas atau Pool Account yang ada di Tokopedia (kerjasama Tokopedia dengan Pegadaian). Dia menyisihkan uang jajan atau hasil jualan di marketplace tersebut untuk membeli Emas.

Tanpa terasa, Emas yang dimilikinya sekarang hampir mencapai 100 gram. Setiap saldo tabungan Emas mencapai 10 gram, ia ambil fisik Emas nya.

Setiap pembelian Emas yang ia lakukan, saya perhatikan tidak banyak. Hanya senilai Rp 10.000 sampai RP 100.000 rupiah saja. Tapi sering dan rutin.

Advertisements
Advertisements

Jadi, menabung Emas saat ini bukan masalah uang yang Anda miliki, tapi kemauan dan kedisplinan Anda untuk mau menyisihkan uang atau penghasilan Anda untuk membeli Emas. Almarhum Ibu pernah mengatakan: “Kalau kamu dapat uang, potong dulu buat nabung (beli Emas), baru sisanya dipakai untuk belanja. Jangan dibalik! Kalau dibalik kamu tidak akan pernah bisa menabung.”

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

Leave a Reply