Gadai

Ini Perbedaan Gadai EMAS, Cicilan EMAS dan Tabungan EMAS

Saat ini produk keuangan berbasis Emas berkembang pesat di Indonesia. 10-15 tahun yang lalu, produk keuangan berbasis Emas hanya ada Gadai Emas saja, itupun terbatas hanya ada di Pegadaian atau toko-toko Emas besar. Setelah Bank Syariah di ijinkan untuk memiliki produk berbasis Emas seperti Gadai Emas dan Cicilan Emas di awal tahun 2000 an, produk-produk berbasis Emas mulai bermunculan di masyarakat. Salah satu produk Emas terbaru yang mulai populer di masyarakat saat itu adalah Tabungan Emas atau Pool Account.

Ada 3 produk berbasis Emas yang populer di masyarakat saat ini, yakni: Gadai Emas, Cicilan Emas dan Tabungan Emas atau Pool Account. Saya akan bahas satu-persatu, karena masih banyak masyarakat yang tidak paham perbedaannya, sehingga tidak salah dalam memilih produk keuangan berbasis Emas. Masing-masing produk tersebut memiliki tujuan dan pemanfaatan yang berbeda.

Gadai EMAS

Gadai Emas
Sumber Gambar: Tirto.co.id

Produk Gadai Emas adalah produk keuangan berbasis Emas yang paling tua dan masih sangat bermanfaat bagi masyarakat hingga saat ini. Secara sederhana, Gadai Emas adalah menjaminkan Emas yang anda miliki untuk memperoleh uang pinjaman sejumlah tertentu pada lembaga yang menyelenggarakan Gadai Emas seperti Pegadaian, Bank Syariah, dsb.

Jumlah uang pinjaman yang bisa diperoleh jika jaminan Emas yang Anda miliki adalah Emas Batangan 24K dapat mencapai 90% dari harga Emas (tergantung kondisi dan regulasi lembaga penyelenggara gadai saat itu).

Proses Gadai Emas sangat cepat dan sederhana. Hanya butuh waktu hitungan menit, uang pinjaman akan keluar. Tidak ada proses rumit seperti survey, wawancara, dsb seperti kalau Anda akan meminjam uang pada bank. Cukup bawa Emas batangan yang Anda miliki, setelah di periksa ke asliannya, maka uang akan segera cair.

Nah Gadai Emas ini sangat berbeda dengan Anda meminjam uang pada bank. Gadai Emas biasanya memiliki jangka waktu 4 bulan. Selama jangka waktu tersebut, Anda tidak perlu mencicil pinjaman Anda. Ketika gadai tersebut jatuh tempo di bulan ke 4, Anda harus melunasi pinjaman serta bunga pinjamannya. Jika Anda belum bisa melunasi pinjaman tersebut, Anda boleh memperpanjang gadai Emas tersebut dengan hanya membayar bunganya saja. Gadai secara otomatis akan diperpanjang kembali selama 4 bulan.

Lebih lengkap silahkan lihat artikel saya berikut ini: Konsep Gadai Berbeda Dengan Pinjaman Atau Kredit Ke Bank

Oleh karena itu Gadai Emas sangat cocok bagi Anda jika ada kebutuhan uang mendesak. Praktis, cepat dan tidak bakalan ketemu Debt Collector yang serem-serem hahahaha….

Bagaimana jika Anda tidak mampu melunasi pinjaman dan membayar bunga pada saat jatuh tempo? Emas yang Anda jaminkan akan dijual (tentunya di jual di harga Emas saat itu), lalu hasil penjualan Emas tersebut akan digunakan untuk melunasi pinjaman Anda serta bunganya, jika ada kelebihan maka akan dikembalikan sebagai milik Anda. Jadi kalau tidak mampu melunasi pinjaman gadai, tidak perlu kabur, karena besar kemungkinan hasil penjualan Emas jaminan akan mampu melunasi bunga dan bunga, bahkan lebih.

Syarat utama gadai tentunya Anda harus memiliki Emas terlebih dahulu, memang dulu saya pernah membuat konsep yang namanya Beli Gadai. Anda beli Emas, lalu Emas tersebut langsung di gadaikan, jadi Anda bisa membeli Emas maksimum hanya dengan uang sekitar 25% saja. Kemudian Anda tinggal mencicil gadainya.

Namun konsep ini tidak perlu dilakukan lagi, karena sekarang sudah ada produk Cicilan Emas atau juga produk Tabungan Emas. Dulu hal ini saya lakukan karena belum ada produk Cicilan Emas, jadi konsep tersebut sebetulnya mencicil Emas dengan memanfaatkan produk gadai.

Cicilan EMAS

Cicilan Emas
Gambar: Dokumentasi Pribadi

Produk Cicilan EMAS pada prinsipnya sama seperti produk cicilan barang lainnya misalnya: mobil, rumah, dsb. Anda membeli Emas dengan sejumlah uang muka terntentu biasanya sekitar 20% – 30%, lalu sisanya Anda cicil selama jangka waktu tertentu 1 bulan sampai 36 bulan.

Manfaat utama cicilan Emas adalah, Anda bisa mengunci harga Emas. Maksudnya begini, misalnya Anda membeli Emas 10 gram atau senilai kurang lebih Rp 10 juta (tahun 2020), anda membayar uang muka 30% atau Rp 3 jt rupiah dengan jangka waktu 36 bulan. Maka ketika Anda menandatangi Akad Kredit, harga Emas akan terkunci di angka Rp 10 juta. Selama anda mencicil 36 bulan, berapapun kenaikan/penurunan harga Emas tidak akan mempengaruhi besaran cicilan Anda setiap bulannya.

Emas yang di beli dengan cara Cicilan Emas, akan disimpan sebagai jaminan sampai dengan pinjaman lunas.

Baca juga:
Cicilan EMAS atau Beli Tunai, Mana Yang Lebih Baik

Silahkan pelajari artikel di atas untuk mengetahui lebih lanjut soal cicilan Emas ini.

Tabungan EMAS atau Pool Account

Tabungan Emas
Sumber Gambar: SahabatPegadaian

Banyak lembaga keuangan terutama Bank Syariah yang mempromosikan Tabungan Emas, padahal sebetulnya bukan tabungan Emas tapi Cicilan Emas. Ini membuat bingung banyak orang. Konsep tabungan Emas atau Pool Account setahu saya sampai saat ini tidak ada di Bank Syariah atau Bank Konvensional. Yang mereka sebutkan Tabungan Emas itu sebetulnya produk Cicilan Emas.

Perbedaan mendasar dari Cicilan Emas dan Tabungan Emas atau Pool Account adalah:

Pada Cicilan EMAS anda membeli Emas dengan berat dan nilai tertentu misalnya 10 gram, kemudian dicicil dengan jangka waktu tertentu. Harga Emas tidak lagi mempengaruhi besaran cicilan, karena pada prinsipnya Emas sudah Anda beli (sudah menjadi milik Anda) pada saat Akad Kredit.

Sedangkan pada Tabungan Emas atau Pool Account, Anda bisa membeli Emas dengan satuan sangat kecil misalnya 0.001 atau bahkan senilai Rp 500 rupiah. Setiap pembelian akan dicatat pada rekening Tabungan Emas sebagai saldo dalam bentuk gram bukan rupiah. Setiap pembelian tentunya akan berpatokan pada harga Emas saat itu, artinya setiap pembelian akan terdapat harga Emas yang berbeda.

Anda juga dapat menjual Emas yang ada pada saldo rekening Tabungan Emas, tentunya Anda bisa jual Emas tersebut di harga saat itu.

Selain menjual, Emas dalam saldo Tabungan Emas dapat juga di jadikan fisik, dengan cara mencetaknya. Tentunya ada ongkos cetak yang harus Anda bayarkan. Lebih jelas mengenai tabungan Emas atau Pool Account ini dapat Anda simak pada artikel: Tabungan Emas atau Pool Account Kenapa Lebih Baik

Saat ini ada beberapa penyelenggara Tabungan Emas atau Pool Account di Indonesia yang telah memiliki ijin dari OJK, diantaranya: Pegadaian, Goldgram dan Indogold.

Saat ini marketplace besar seperti Tokopedia (bekerjasama dengan Pegadaian) dan Bukalapak (bekerjasama dengan Indogold) memanfaatkan Tabungan Emas atau Pool Account ini sebagai salah satu fitur mereka. Jadi Anda bisa membeli Emas dengan mudah di kedua marketplace tersebut. Berapapun uang anda, bisa Anda jadikan Emas saat itu juga.

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

2 Comments

Leave a Reply