Investasi EMAS

Tabungan EMAS Atau Pool Account, Kenapa Lebih Baik?

Saat ini banyak penawaran pembelian EMAS dengan model Tabungan EMAS atau Pool Account. Sebetulnya model pembelian EMAS seperti ini sudah ada sejak jaman dulu. Hanya caranya tradisional, dilakukan oleh toko EMAS. Saya teringat mendiang Ibu, sering melakukan pembelian EMAS dengan cara ini.

Beliau datang ke toko EMAS langganan, kemudian “nitip” uang senilai tertentu di toko EMAS tersebut. Ibu kemudian mendapatkan semacam catatan/nota dari toko EMAS dimana uang yang dititipkan tersebut dicatat dan dikonversi ke harga EMAS hari itu menjadi gram. Misalnya, ibu menitip uang Rp 10.000 rupiah, dan saat itu uang tersebut senilai 0.5 gram. Maka dicatat pada nota tersebut bahwa hari itu ibu membeli EMAS senilai 0.5 gram.

Advertisements
Advertisements
AliExpress WW

Namun ibu tidak memperoleh EMAS nya saat itu. Dan beliau lakukan lagi hal yang sama saat kembali memiliki uang, tentunya harga EMAS yang tercantum di setiap nota berbeda-beda sesuai harga EMAS saat ibu “nitip” uang. Awalnya saya bingung, ibu beli EMAS tapi tidak dapat EMAS nya. Belakangan saya baru mengerti kalau ternyata ibu memiliki target pembelian EMAS tertentu, dan ketika target itu tercapai, misalnya 10 gram, baru ibu mendapatkan EMAS nya. Saya masih menemukan model penjualan seperti ini dilakukan Toko EMAS di beberapa kota di Indonesia.

Kemudian model seperti ini di era digital dikembangkan secara online melalui internet, tentunya hal ini mempermudah para goldbugs (pencinta EMAS) dalam melakukan pembelian EMAS. Di Amerika Serikat sudah dimulai sejak awal tahun 2000 an, dan dikenal dengan nama Pool Account. Salah satu yang terbesar adalah KITCO.

Di Indonesia, model pembelian EMAS dengan cara “Pool Account” secara online mulai ada pada tahun 2008/9. Dipelopori oleh sebuah toko EMAS bernama Toko EMAS Ibukota di bilangan Cikini dengan brand GoldGram. Lalu beberapa tahun kemudian menyusul AntamGOLD yang sekarang berganti nama IndoGOLD.

Tabungan EMAS atau Pool Account adalah solusi terbaik bagi masyarakat yang ingin berinvestasi EMAS. Masyarakat bisa membeli EMAS fisik dengan uang hanya Rp 1,000 rupiah saja, bahkan Rp 100 rupiah…

Rully Kustandar

Saya sendiri ikut meng-inisiasi model pembelian pool account bersama Pegadaian dengan nama Tabungan EMAS pada tahun 2013-2015. Dan kemudian diresmikan peluncurannya oleh Presiden Jokowi sekitar tahun 2015.

Bagaimana Sistem Tabungan EMAS atau Pool Account

Kenapa saya sangat mendukung adanya sistem seperti Tabungan EMAS atau Pool Account ini di Indonesia? Karena model pembelian EMAS seperti ini akan sangat membantu masyarakat Indonesia yang ingin memiliki EMAS batangan sebagai bagian dari portfolio investasinya.

Bayangkan, kalau tidak ada sistem ini, ketika Anda ingin memiliki EMAS batangan, Anda harus memiliki uang minimal senilai 1 gram EMAS. Jika tidak, Anda harus menabung dulu agar uang Anda cukup untuk membeli minimal 1 gram EMAS. Padahal harga EMAS yang 1 gram cukup tinggi, belum lagi kenaikan harga EMAS yang kadang membuat Anda frustasi ketika menabung untuk membeli EMAS. Memang Ada cara lain dalam membeli EMAS, yakni Cicilan EMAS (lihat artikel: Cicilan EMAS Atau Beli Tunai, Mana Yang Lebih Baik), namun tidak semua orang suka dengan model cicilan EMAS.

Dengan sistem Tabungan EMAS atau Pool Account, Anda bisa membeli EMAS dengan satuaan sangat kecil seperti 0.001 gram atau kalau di harga sekarang sekitar Rp 1,000 saja. Bahkan saya lihat, ada penyelenggara Pool Account yang Anda bisa membeli EMAS hanya dengan uang Rp 100 saja atau 0.0001 gram.

Membeli EMAS melalui Tabungan EMAS atau Pool Account, itu sama saja Anda dengan membeli EMAS secara FISIK. Secara real memang Anda membeli EMAS fisik, namun EMAS yang Anda beli tersebut dititipkan di penyelenggara Tabungan EMAS atau Pool Account, sebagai bukti kepemilikannya, Anda mendapatkan catatan pada Buku Tabungan EMAS (kalau di Pegadaian) atau pada Catatan Pembelian EMAS secara digital pada akun Anda di penyelenggara Pool Account.

Tabungan EMAS
Gambar: Dokumentasi Pribadi

Pada contoh di atas Anda bisa melihat, pencatatan pada buku Tabungan EMAS Pegadaian. Pembelian EMAS disesuaikan dengan Harga EMAS pada tanggal saat Anda membeli. Tidak seperti pada Tabungan dalam bentuk Uang di Bank, dimana saldo tabungan anda dalam nilai Uang, saldo pada Tabungan EMAS atau Pool Account adalah dalam bentuk GRAM.

Kenapa EMAS nya “dititipkan” dulu pada penyelenggara Tabungan EMAS, kenapa tidak bisa kita ambil FISIK fisiknya saat itu?

Pertama, EMAS yang Anda beli biasanya dalam bentuk satuan yang tidak bulat. Seperti: 0.01 gram, 1.2 gram, dsb. Yang tidak memungkinkan Anda bawa secara fisik, oleh karenanya “dititipkan” terlebih dahulu pada penyelenggara Tabungan EMAS atau Pool Account

Kedua, pada sistem Tabungan EMAS atau Pool Account, Anda sebetulnya membeli EMAS tanpa ongkos cetak, atau dengan kata lain Anda sebetulnya membeli sebagian dari EMAS 1 kg milik penyelenggara. Seperti kita ketahui EMAS satuan 1 kg adalah EMAS paling murah harganya atau ongkos cetaknya paling minimal. Jadi, membeli EMAS di Tabungan EMAS atau Pool Account sebetulnya membeli EMAS 1 kg secara beramai-ramai sesama pemilik rekening atau nasabah. Kalau di properti seperti model Strata-Title pada Apartemen, dimana tanahnya dimiliki bersama-sama secara proposional.

Bisa dikatakan membeli EMAS dengan cara ini, Anda membeli EMAS tanpa Ongkos Cetak.

Ketiga, Anda bisa mengambil Fisik EMAS yang ada pada saldo Tabungan EMAS atau Pool Account Anda. Dengan catatan, saldo EMAS sudah mencapai nilai fisik satuan EMAS tertentu misalnya (1 gram, 5 gram, 10 gram, dsb tergantung ketentuan penyelenggara). Kemudian Anda juga harus membayar ongkos cetak sesuai dengan satuan EMAS yang akan Anda ambil fisiknya, semakin berat, semakin murah ongkos cetak per-gramnya.

Selain mengambil secara fisik, Anda juga bisa menjual saldo EMAS yang Anda miliki. Tentunya harga jual yang berlaku adalah harga EMAS saat Anda jual, bukan harga EMAS saat Anda beli.

Tabungan EMAS

Membeli EMAS di Tabungan EMAS atau Pool Account adalah solusi jika Anda ingin menghindari biaya atau ongkos cetak pada EMAS. Coba perhatikan tabel Harga EMAS di bawah ini:

GRAMHARGAHARGA
PER-GRAM
0.5 gram559,0001,118,000
1 gram1,058,0001,058,000
5 gram5,070,0001,014,000
10 gram10,075,0001,007,500
25 gram25,062,0001,002,480
100 gram100,012,0001,000,120
500 gram499,320,000998,640
1 kg998,600,000998,600
Daftar Harga EMAS Antam 20 Agustus 2020

Semakin kecil, harga EMAS batangan semakin mahal per-gramnya. Karena ada ongkos cetak, yang semakin mahal jika EMAS batangan semakin kecil.

Pada Tabungan EMAS atau Pool Account, Anda sesungguhnya membeli sebagian dari EMAS batangan 1 kg, jadi Anda mendapatkan harga EMAS yang paling murah karena tanpa ongkos cetak. Demikian pula pada saat jual di Tabungan EMAS atau Pool Account, Anda tidak dikenaik potongan ongkos cetak.

Pada Tabungan EMAS atau Pool Account, Anda membeli EMAS di HARGA DASAR EMAS. Tanpa Ongkos atau Biaya Cetak

Rully Kustandar

Para penyelenggara Tabungan EMAS atau Pool Account akan menampilkan Harga Dasar EMAS (Harga Jual dan Harga Beli yang berbasis pada harga EMAS 1 kg) mereka setiap hari, sebagai dasar perhitungan ketika Anda membeli EMAS.

Dan biasanya mereka juga memiliki daftar ongkos/biaya cetak, dimana biaya ini akan ditambahkan jika Anda ingin mengambil saldo EMAS yang Anda miliki secara fisik. Berikut salah satu contoh daftar Biaya Cetak salah satu penyelenggara Pool Account.

GRAMBIAYA
CETAK
BIAYA
PER-GRAM
1 gram151,194151,194
2 gram246,228123,114
5 gram551,792110,258
10 gram1,055,948105,595
25 gram2,547,131101,885
50 gram4,864,35197,287
100 gram9,548,99195,490
Daftar Ongkos Cetak EMAS di GoldGram 20 Agustus 2020

Perhatikan tabel di atas, semakin berat, semakin murah ongkos cetaknya. Oleh karena itu saya sangat menyarankan kalau Anda mau mengambil secara fisik saldo EMAS yang Anda miliki di Tabungan EMAS atau Pool Account, tunggulah sampai saldonya mencapai minimal 10 gram, paling baik di 25 gram, agar biayanya tidak terlalu besar.

Keuntungan Membeli EMAS di Tabungan EMAS atau Pool Account

Ada minimal 3 keuntungan kalau Anda membeli EMAS di Tabungan EMAS atau Pool Account.

Pertama, Anda bisa membeli EMAS sesuai dengan kemampuan Anda. Artinya berapapun Anda punya uang Anda bisa belikan EMAS. Karena Anda bisa membeli EMAS bahkan hanya dengan uang Rp 500 rupiah. Hal ini akan sangat sulit terjadi jika Anda bermaksud membeli EMAS batangan secara konvensional—fisik langsung. Anda harus kumpulkan terlebih dahulu uang Anda hingga mencapai seharga 1 gram EMAS yang hari ini dikisaran sekitar Rp 1 juta rupiah per gram.

Ini menjadikan EMAS sebagai sarana investasi yang terjangkau bagi semua kalangan. Siapapun Anda, dengan penghasilan berapapun, bisa membeli EMAS untuk berinvestasi. Itulah sebabnya, pada tahun 2015 saya sangat mendorong institusi seperti Pegadaian untuk meluncurkan produk Tabungan EMAS ini, karena jangkauan Pegadaian sangat luas di masyarakat sampai ke pelosok-pelosok Indonesia.

Sistem ini memungkinkan Anda untuk mulai disiplin menyisihkan dana sebagai tabungan masa depan (sekolah anak, pensiun dsb). Berapapun yang Anda sisihkan sekarang bisa langsung anda konversi ke dalam bentuk EMAS.

Kedua, Anda membeli EMAS di harga dasar EMAS atau harga EMAS 1 kg. Daripada Anda membeli EMAS batangan 1 gram secara konvensional setiap bulan untuk tabungan Anda, akan jauh lebih murah Anda membeli EMAS menggunakan model Tabungan EMAS atau Pool Account. Baru setelah saldo mencapai 10 gram atau 25 gram, Anda ambil fisiknya. Ini tentunya membuat investasi Anda jauh lebih hemat dan menguntungkan…

Ketiga, walaupun pembelian EMAS Anda hanya dicatat dalam bentuk buku atau akun secara digital, namun sesungguhnya konsep Tabungan EMAS atau Pool Account adalah konsep Jual/Beli EMAS secara fisik. Artinya fisik EMAS yang Anda beli ada dan disimpan oleh lembaga yang menyelenggarakan sistem ini. Jika total saldo EMAS seluruh nasabah Tabungan EMAS atau Pool Account adalah 10 ton EMAS, maka lembaga penyelenggara harus memiliki EMAS sebanyak 10 ton juga atau lebih. Penyelenggara tidak boleh bertindak derifatif, jumlah EMAS yang dimiliki lebih sedikit dari total saldo EMAS nasabahnya.

Ini juga yang menjadi alasan kuat saya saat tahun 2015 mendorong Pegadaian untuk memiliki Tabungan EMAS, karena Pegadaian adalah BUMN milik pemerintah yang diaudit dan dipantau operasionalnya oleh pemerintah. Menjadi jaminan bahwa Pegadaian pasti memiliki EMAS sejumlah EMAS milik nasabah Tabungan EMAS nya.

Apakah Tabungan EMAS dijamin oleh LPS? Jawabannya TIDAK. Karena EMAS yang Anda beli tidak kemana-mana, tersimpan aman di penyelenggara. Jika terdapat kejadian luar biasa, EMAS yang disimpan seandainya dijual akan mampu mengembalikan seluruh dana nasabah tanpa campur tangan lembaga manapun bahkan pemerintah sekalipun. Berbeda dengan Bank, uang nasabah yang disimpan akan dipinjamkan melalui kredit kepada mereka yang membutuhkan, sehingga muncul resiko pada simpanan nasabah, makanya dibutuhkan LPS.

Advertisements
Advertisements
AliExpress WW

Saat ini beberapa penyelenggara Tabungan EMAS atau Pool Account bekerja sama dengan Marketplace besar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Makin mempermudah lagi masyarakat yang hendak berinvestasi EMAS. Pegadaian bekerja sama dengan Tokopedia sementara IndoGold bekerja sama dengan Bukalapak.

Berikan komentar Anda pada kolom komentar di bawah ini, sebelum saya lanjutkan pada artikel berikutnya yang akan membahas satu persatu lembaga penyelenggara Tabungan EMAS atau Pool Account yang ada di Indonesia saat ini, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga:
Harga EMAS Per-Tahun Sejak Tahun 1988

Author

Affiliate Marketer, Pencinta EMAS, Hidup Tanpa Sosmed, Hobi Traveling. Founder dari KebunEMAS.

Leave a Reply